Sabtu, 20 Juni 2015

Untukmu Anak-anakku

Assalamualaikum..
Seorang guru adalah orang tua bagi murid-muridnya di sekolah. Maka sudah sepantasnya jika muridnya senang, ibu guru juga senang. Jika muridnya bersedih, ibu guru juga sedih. Jika muridnya sukses, ibu guru juga bangga.
Anak-anakku, setahun kebersamaan kita telah berlalu, untuk kelas X dan XI, sampai jumpa di pembelajaran selanjutnya di tahun ajaran baru. Untuk kelas XII, selamat atas kelulusan kalian. Selamat menempuh sebuah tantangan baru. Silahkan amalkan ilmu yang kalian dapat di sekolah agar dapat bermanfaat bagi kehidupan kalian dan masyarakat. Jadilah penerus yang mampu menyelesaikan masalah bukan menambah masalah.
 Kelas XII IPA 3 SMA Ma'arif Bangkalan
 Andai sama-sama pakai seragam mungkin masih pantes hehe

Kalian menjadi penghibur kala ibu sedang berduka
“Ibu kenapa? Sakit? Kok pucat?”
Meski perjumpaan dengan kalian hanya berlangsung di sekolah, namun betapa kalian peka dengan perubahan diriku. Setiap aku senang, kalian ikut bersenang, setiap ku sedih, kalian akan langsung paham dan berusaha menghiburku dengan tingkah lucu. Kadang ada siswa yang terang-terangan bernyanyi di depanku dengan pujian-pujian gombal.
“Ikan hiu, berenang lambat….oh Ibu I lop yu so mattt”
“Ikan hiu, warna putih….oh Ibu jangan bersedih….”
Zia, muridku yang duduk di baris terdepan yang biasa menyanyikan kalimat itu pakai lagu India. Mau ga mau, aku tersenyum melihat tingkahnya yang diiringi sorakan siswa lain.
 Kelas X-5 SMA MA'arif Bangkalan
Selain guru, bisa begini???

Kalian menjadi teman juga anak di kelas dalam waktu yang sama
“Bu, jangan ngajar mulu….sekarang cerita-cerita saja ya..”
Jika kalian mengucapkan hal ini Ibu paham kalian sedang bosan. Maklum, jam terakhir. Suatu tantangan untuk berinovasi agar perhatian mereka tetap fokus. Kadang aku mengisinya dengan games, kuis, praktikum sederhana atau bercerita pengalamanku. Tentu saja kusisipi dengan nasehat-nasehat penting. Namun, ada kala aku tidak menghiraukan permintaan mereka, hal ini semata karena jam mengajar yang mendesakku untuk segera menyelesaikan materi. Kadang, meski kutahu mereka sudah jenuh mendengarkan teori kelarutan yang penuh rumus kimia nan njlimet aku tetap berceloteh tanpa menghiraukan mereka yang menguap. Ini jangan ditiru yaaa…. kapasitas otak siswa ada batasnya. hehe
 Percobaan elektrolit non elektrolit
Ini saat melakukan percobaan elektrolit non elektrolit

Kalian juga menjadi seorang guru bagi gurunya  
Aku yang dulu sangat kaku jika berhadapan dengan orang lain, setelah menjadi seorang guru menuntutku untuk peka terhadap kondisi kelas. Pengalaman menjadi seorang guru mengajarkan aku untuk selalu tersenyum menghadapi orang lain. Ada kalanya guru harus mencoba berbagai peran, kadang sebagai seorang kakak, orang tua, teman, tokoh idola, bahkan seorang pemimpin. Guru harus bisa menempatkan diri. Dan kalian yang memberikan pengalaman itu.
Pengalaman-pengalaman itu tentu tak Ibu lupakan. Akan ibu bingkai dalam sebuah album kenangan dan pengalaman yang menuntut Ibu menjadi lebih baik dalam mendidik. Terima kasih anak-anakku, semoga kalian sukses meraih impian kalian dan membanggakan orang tua kalian. Membanggakan Ibu.
Kegiatan ekskul KIR : Uji zat aditif pada makanan
 
 
Penyerahan Hadiah Bintang Pelajar pada Kelulusan SMA Ma'arif Bangkalan 

9 komentar:

  1. guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, semoga gelar ini lekat di hati para guru

      Hapus
  2. Wah mantap nih bu Guru... Mau perpisahan ya?! Pastinya banyak banget kenangan di kelas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. perpisahannya sudah mas, buanyak bangettt jadi kangen mereka :"(

      Hapus
  3. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, dan saya sangat sepakat dengan hal ini, gimana mbak benarkan :D

    BalasHapus
  4. waw...wonderwomen beneran deh nih bu guruku yang ehmm...baik hati dan gaul...saya pilih ibu jadi guru favorit saya ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja deh
      sini Ibu kasih tanda bintang di bukunya :)

      Hapus
  5. ibu gurunya cantik n baik, jadi betah klw aq jadi muridnya :)

    BalasHapus

^satu komentar darimu bermakna segalanya. thanks for visiting^