Sabtu, 16 Februari 2013

Aku Bisa Karena Aku Mau, untuk Mereka

“Buk, aku berangkat ya. Doakan kuliahku lancar.”
Sekilas aku teringat kejadian tahun lalu ketika ibu melepasku pergi sekolah di sebuah perguruan tinggi negeri di Surabaya. Kuliah lah aku. Kini berbekal doa ibu, aku telah menempuh 5 semester kuliahku.
Agak ganjil rasaku meminta doa ibu, mengingat akhir tahun 2011 lalu aku sempat cekcok dengan ibuku yang berujung aku minggat dari rumah. Kurang ajar? Memang. Aku anak kurang ajar. Selalu egois dengan kehendakku tanpa merasakan tanggungan orang tua. Aku selalu merasa ingin menjadi orang lain yang hidup berkecukupan dan berlimpah kasih sayang. Padahal orang tua tidak pernah mengatakan bahwa mereka sayang padaku bukan berarti mereka tak menyayangiku. Ah, picik sekali pikiranku!
Dan inilah aku. Awal tahun 2012 aku berikrar untuk menjadi orang yang lebih baik. Mencoba mengerti perjuangan orang tuaku dengan sepenuh aku, aku mengikhlaskan semua kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu. Aku melangkah menuju satu jalan. Kesuksesan! Kalau aku sukses maka aku akan membahagiakan orang tuaku. Begitulah kujalani hari-hari dengan mengingat tujuanku dan janjiku pada orang tua dan adik-adikku.
Berkat doa restu mereka, kuliahku lancar. Kujalani hari-hari semester 4 dan semester 5, yang katanya para kakak itu ‘mematikan’ untuk mahasiswa prodi pendidikan. Berbekal basmalah di pagi hariku berangkat kuliah dan hamdalah saat pulang di malam hari, aku berhasil mempertahankan IPK ku yang alhamdulillah selalu di atas 3,50.
Yap! IPK selalu di atas 3,50 adalah salah satu resolusiku tahun 2012.

 
Selain kuliah, aku juga menjalani hari-hari sebagai seorang organisatoris. Tergabung sebagai salah satu anggota organisasi mahasiswa menambah bank ilmu dan pengalamanku. Teman-teman selalu mendukungku. Mereka giat membantuku jika terbentur kesulitan baik dalam sebuah program kerja maupun kegiatan kuliah. Yah, di situlah esensi sebuah organisasi. Saling membantu dan kerjasama. Kerja sama-sama dan sama-sama kerja.
Tahun 2012 aku ditunjuk untuk memanggul tanggung jawab sebagai seorang ketua pelaksana program kerja untuk seluruh mahasiswa yang ingin melatih keterampilan organisasinya. Progja itu bernama Latihan Keterampilan Managemen Mahasiswa Tingkat Dasar atau LKMM-TD. Berita selengkapnya bisa dibaca di blog HIMAWA-J Kimia Unesa
Alhamdulillah sekali lagi jalanku dimudahkan oleh Yang Maha Penolong. Kegiatan itu terlaksana dengan lancar. Aku juga semakin kaya pengalaman dan relasi.
Lagi! Menjadi ketua pelaksana progja besar. Resolusi 2012-ku.
Selain itu, yang tak henti-hentinya ku syukuri adalah kesempatan dari universitas berupa beasiswa PPA untuk mahasiswa berprestasi. Ibu, ayah, aku akhirnya mampu mengurangi beban kalian. Setidaknya aku mengurangi beban finansial mereka. Selain itu, mereka tidak perlu repot-repot memikirkan uang sakuku karena aku telah bekerja sampingan sebagai seorang privat tutor untuk sebuah LBB.
Beasiswa PPA dan bekerja. Alhamdulillah.
Dan beberapa resolusi kecil lainnya terpenuhi sejalan dengan hal-hal di atas. Kemampuan menulisku meningkat. Terbukti dengan beberapa kompetisi menulis dan blogging yang pernah kumenangkan. Bahkan, puji syukur aku diberi kesempatan meraih gelar Juara 2  dalam kompetisi menulis Blog Telkomsel Siaga. Postingannya bisa dibaca di blog My Opera-ku . Serta beberapa kemenangan kecil lainnya dari Twitter, Facebook, maupun Blog dan karya ilmiah. 
Fa biayyi aalaa 'i rabbi kumaa tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?)
Q.S. Ar-Rahman
Semua ini sekali lagi karena restu dari orang tua.
Sebagaimana kehidupan terus berjalan, aku harus terus berusaha menjadi lebih baik. Tahun 2013, ingin kubuktikan bahwa aku BISA lulus 3,5 tahun dengan IPK di atas 3,50. Semester 6 harus kulalui dengan mengejar deadline proposal skripsi agar semester berikutnya aku bisa segera ujian skripsi dan diwisuda dengan predikat ‘MEMUASKAN’. Aku juga berniat mendaftarkan diri mengikuti program SM3T atau Pengajar Muda agar bisa secepatnya diakreditasi sebagai ‘Seorang Guru’. Maka dari itu, aku HARUS berusaha lebih keras lagi. Ibu, bapak, ini untuk kalian. Semoga tetesan peluh yang kalian keluarkan terbayar dengan kesuksesanku. AKU BISA !!
Giveaway Februari Aku Bisa!

 Tulisan syahdu ini diikutsertakan dalam Giveaway Kamera Lomo Underwater Aquapix dari Leciculalolita ;)
Sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

^satu komentar darimu bermakna segalanya. thanks for visiting^