Senin, 25 Februari 2013

Menata Desain Blog yang SEO Friendly

Apakah layout blogmu sudah SEO Friendly?
Percaya atau tidak, bahwa layout dan desain blog juga berpengaruh terhadap kualitas pencarian di Search Engine. Saya bukan seorang ahli SEO. Saya menyimpulkan hal ini berdasarkan hasil observasi terhadap beberapa blog maupun situs terkenal yang memiliki pagerank tinggi dan sering nangkring di halaman pertama Mbah Google. Coba perhatikan bagaimana desain blog mereka dan buatlah kesimpulanmu sendiri. Caranya?
  • Browsing sebuah topik dengan kata kunci tertentu di Google
  • Pilih blog atau situs teratas
  • Perhatikan struktur template, layout, letak banner dan sidebar, ukuran dan warna font, serta lokasi postingan.
  • Lakukan treatment yang sama untuk blog lain dan bandingkan.
Apa yang bisa kamu simpulkan?

Jika menurutku, sebuah blog yang SEO friendly akan memilliki desain blog yang bagus dan teratur. Template yang dipilih simpel namun elegan. Loading page yang tidak terlalu berat. Layout yang tersusun rapi. Biasanya letak sidebar ada di kanan karena kecenderungan Serch Engine membaca dan crawler halaman dari kiri atas ke kanan bawah, mirip cara baca manusia. Sehingga yang terbaca duluan adalah postingan kita, bukan sidebar. Banner sederhana dengan warna yang akrab di mata. Ukuran font sedang dan tidak terlalu kecil karena memungkinkan pengunjung malas membacanya. Kekuatan blog kita sangat bergantung pada pengunjung. Jika pengunjung betah berlama-lama di blog kita, maka blog kita akan terhitung berkualitas bagus dan tentu saja meningkatkan rangking mesin pencari. Namun jika belum apa-apa sudah disajikan dengan desain dan font yang 'menyakiti' mata, jangan harap pengunjung betah. Makanya, desain blog ga usah terlalu ramai dengan animasi dan glitter ga penting atau font yang nyaris sama dengan warna background.  Bikin lola tau!
Ini berdasarkan pengalaman saya yang memilliki blog di MyOpera Community yang sampai sekarang masih bertahan dengan pagerank 3 dan Alexa Rank yang yahhh alhamdulillah ga gede-gede amat. Blog saya yang satu itu jarang gonta-ganti template. Dari dulu templatenya selalu simpel dan background standar.
Tips SEO

Yah, mungkin itu yang membuat dia bertahan di posisinya dan sering nagkring di halaman pertama Google jika ditargetkan dengan keyword tertentu. hehe
Begitulah sedikit sharing dari saya, bukan menggurui karena saya bukan ahlinya. Tapi jika ingin diterpakan, monggoooo :)
Tips SEO
image source :
http://my.opera.com/browniescake
http://www.akwaabadesign.com/

12 komentar:

  1. salam kenal..sy tmukan linknya dr blog kang pakies.. sy spakat dgn tampilan menarik dan loading cpat mmpengaruhi incoming traffic kita...cuma sdikit mnambahkan blog dgn domain dan hosting brbayar kesanx profesional dan sgt dsukai om gugle...nice posting sahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg mas, iya saya baru aja join blogspot :)
      masih newbie
      memang kesannya profesional tapi yg gratis jg bisa :)

      Hapus
  2. saya sering berlama2 di blog yang keren dengan loading cepat. kayaknya nyaman banget disitu. sambil tiduran pun kayaknya asyik aja, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kok sama sih?
      tapi ga sampe tiduran, paling numpang makan.
      btw, yg keren blognya, kontennya ato orangnya? #eh

      Hapus
  3. Wah, si Utha nongkrongin blogspot jg sekarang.. Asyik ada temennya... :D

    BalasHapus
  4. Perlu dicoba ini, nice share ^_^

    BalasHapus
  5. ayo gan kita sama2 berkarya ,,,, agar buat negara ini bangga

    BalasHapus
  6. Makasih banyak gan atas infonya

    BalasHapus
  7. Pagi Gan Ikut nimbrung ya,,,,, smangat

    BalasHapus
  8. Blog saya gimana loadingnya? Ada foto dan sidebar di sebelah kanan juga berisikan blogroll teman. Apa bikin lola? Lagi bingung ngedesain blog. :)

    BalasHapus

^satu komentar darimu bermakna segalanya. thanks for visiting^