Jumat, 04 Juli 2014

Mood Catcher Ala Sherlock Holmes

Assalamualaikum, teman blogger. . .
Sebelumnya sekedar info kalo postingan ini saya buat khusus buat teman baruku di dunia blogging, Mbak Ipud, yang lagi mumet mikirin yg namanya Skripsh*t #eh Skripsi. Ceritanya doi butuh moodbooster, entah ini bisa nge-boost ato ga, kita coba saja ya pemirsa *pasang muka misterius hwehe.

Mood Catcher
Minjem istilah inggeris sono #padahal asline ane wong ndeso. Aku buat istilah ini biar keren aja, artinya Perangkap Mood #gagal translate.
Untuk orang-orang yang berjulukan mahasiswa semester akhir mood yang bagus itu penting apalagi untuk urusan skripsh*t #atau kalo mau sebut aja skripsweet :).

Ada banyak cara menangkap mood-mood bagus ini berdasarkan pengalamanku yang ku kombinasi dengan tekniknya Mister Sherlock Holmes. Maklum, sebagai seorang yang ngakunya Sherlockian, peran tokoh yang satu itu kadang merasuki relung-relung keseharian #apaseh.

Karakter unik dari Om Sherlock kalo lagi ga mood abis nemu kasus yang mumet bin njlimet itu biasanya menyendiri, bengong-bengong ga jelas sampe lupa makan, malah sampe nyabu. Nah yang ini jangan ditiru, bukannya mood malah badan kitanya yang jadi ciut kayak semut. Yang patut dicontoh itu pemirsa, Om Sherlock kalo lagi ga mood, sering banget melakukan pekerjaan lain yang sama beratnya dengan kasus yang ditanganinya yaitu melakukan ekperimen-ekperimen kimia guna menemukan senyawa-senyawa baru, antibiotik, dan reagen-reagen pendeteksi racun. Ini jelas bermanfaat, meskipun melalui kesulitan yang amat sangat. Jangankan nemuin reagen baru, bikin destilat yang benar-benar murni saja aku tak mampu #lebay dikit.
Setelah itu, pastilah detektif ini akan kembali fokus ke kasusnya malah bisa jadi dia langsung dapat pencerahan, gan.
So, intinya, kalo perhatianmu sedang ga fokus ke skripsimu tapi fokusnya ke yang lain, maka turuti apa yang diinginkan perhatianmu. Tinggalkan skripsimu dan lakukan apa yang kamu perhatikan #nah looo
Iya, beneran. Kalo udah bener-bener ga fokus jangan dipaksa, karena otak kita punya jalurnya masing-masing dan kita ga mungkin memikirkan beberapa hal sekaligus. Buang satu-satu dengan cara lakukan satu per satu apa yang kamu inginkan. Misal, kalo sekarang lagi mood ikut GA maka ikuti sampe menang. Ini namanya teknik pengalih perhatian.
Nah, kalo sudah menang pikiran kita pasti terpuaskan dan mood-mood bagus itu akan beterbangan di depan mata siap ditangkap. Dirimu akan mendapatkan fokus kembali ke pengerjaan skripsi saja (asal jangan keterusan, kalo keterusan namanya malesss bukan ga mood lagi!) #tipis sih bedanya.
Aku pernah buktikan.
Target awal lulus 3,5 tahun. Kenyataannya? Mrepet-mrepet ke 4 tahun pas, trus mrepet lagi ke 4 tahun 3 bulan. Ceritanya, Januari lalu aku udah keterima ngajar di SMA, jadi agak susah bagi waktu ngajar dan nye-kripsinya. Belum lagi bolak-balik Bangkalan-Surabaya. Ini yang bikin ga mood. Baru mau ngedit-ngedit file flash animasi, konsentrasi udah buyar duluan mikirin koreksian ulangan siswa yang menumpuk nunggu dirombengkan hehehe. Belum lagi kalo udah masuk ke bagian kode-kode animasi yang butuh gerakan-gerakan ribet, langsung bete kalo gagal. Nah, kalo udah gini langsung aja kutinggalin tuh animasi, ngoreksi dulu hingga tuntas. Setelah itu, mood lagi deh! Kan udah ga ada pikiran yang lain.

Itu ajah tips bikin mood catcher alaku yang diadaptasi dari kisah Om Sherlock.
Silahkan dicoba. Insyaallah berhasil kalo emang sebabnya gara-gara banyak yang dipikirin. Tapi kalo sebabnya karena MALES semata maka wassalam. Pake cara kasar aja.
Tinggal dipikir aja temen-temen lo udah pada mamerin foto nyengir kuda pake baju toga di profil fesbuk ato BBM nya. Lo ga pengen?
Temen-temen lo udah pada pake seragam kantor ato udah pamer foto-foto liburan bareng rekan-rekan kerjanya. Lo ga pengen?
Ortu lo udah ngebet ngenalin calon buat lo tapi lo-nya masih minder gara-gara lo belum lulus juga. Apa ga ngenes?
Ya sudahlah lama-lama aku ngomel kayak mak-mak ntar xixi.
Sukses sama skripsweet-nya yaaaa...jangan MALES!

Postingan ini diikutsertakan pada #Sipud1stGiveAway

4 komentar:

  1. Asikk,, dibilang temen sam bu guru.. Ihihi..
    Ketiga pertanyaan itu emg sering muncul juga sihk. :3 *iya ngenes gitu jadinya. :| *coba peraktekin tekhniknya Om Sherlock.
    Thanks udah ikutan.. ^^ ud di follow jg 22nya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh si empunya GA dateng nih.. *ketjupbasah
      ayo dicatet semua makian dari yang ikutan GA trus praktekin atu-atu, sebulan jadi deh tu skripsh*t hehe,
      sama2...thanks udah folbek :)

      Hapus
  2. Ini kreatif banget, Bu Guru. Semoga Ipud ter-booster semangatnya. Pakai cara detektif segala. Hihi, padahal lupa dulu Sherlock ngapain saja. Asli lebih fokus ke Agatha Christie

    BalasHapus
    Balasan
    1. kali aja ngefek makkk...
      karyanya Agatha Christie jg keren sih, tapi saya sering ga kuat bacanya, secara novelnya tebel2 banget hehe

      Hapus

^satu komentar darimu bermakna segalanya. thanks for visiting^